Mentan Baru Tahu di Jember Ada Pengelolaan Edamame yang Baik

Pengerjaan perontokan biji edamame oleh karyawan PT Mitratani Dua Tujuh, Jember
Pengerjaan perontokan biji edamame oleh karyawan PT Mitratani Dua Tujuh, Jember

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Menteri Pertanian (Mentan) Dr. Syahrul Yasin Limpo melepas keberangkatan armada ekspor edamame ke Jepang. Acara yang berlangsung di PT. Mitratani Dua Tujuh tersebut ditandai dengan memecah kendi oleh mentan di depan kendaraan pengangkut edamame.

“Hari ini kita membuktikan edamame sebagai komoditas yang ada di Indoensia, memiliki pasar dunia yang terbuka,” ujar Mentan Yasin Limpo, pada acara pelepasan armada ekspor edamame, di PT. Mitratani Dua Tujuh, Jember, Kamis (26/12/2019).

Mentan menyatakan, edamame Indonesia dikenal sebagai edamame tropis dengan kualitas luar biasa. Salah satunya di Jember, dengan prosedur internasional yang ada dan perlu didorong ke tingkat dunia.

“Saya kaget melihat bahwa kita memiliki pengelolaan edamame di Jember yang luar biasa. Semoga kita bisa dorong tiga kali lipat yang ada,” ungkapnya.

Mentan juga memberikan apresiasi atas kekompakan forkopimda dan Bupati Jember, yang turun tangan untuk mendorong mengelola masalah pertanian. “Jika kompak pemimpin dan rakyat, akan mendapat kualitas perekonomian yang baik buat masyarakat,”tandasnya. 

Sementara Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, dalam sambutannya pada acara seremonial ekspor edamame ke Jepang itu, mengatakan, bahwa edamame telah menjadi salah satu produk andalan Kabupaten Jember. Karena itu, tak salah apabila jenis tanaman kacang-kacangan ini sangat identik dengan Kabupaten Jember.

Jember sebagai kabupaten agraris, lanjut wabup, begitu terasa pengaruhnya di dunia pertanian terhadap perkembangan kesejahteraan masyarakat, dan seluruh gerak ekonomi di Jember.

“Gerak ekonomi di Jember masih sangat dipengaruhi oleh dunia pertanian. Jember cukup kaya dengan berbagai produk pertanian. Salah satunya edamame yang menjadi produk unggulan PT. Mitratani Dua Tujuh,” imbuhnya.

Dengan produk unggulan ini, lanjut wabup, PT. Mitratani Dua Tujuh mengekspor ke Jepang. “Selamat untuk PT. Mitratani Dua Tujuh. Ini membawa angin segar bagi Jember, karena perekrutan masyarakat Jember sebagai tenaga kerja yang luar biasa,” kata wabup. (*).