Silaturahmi NasDem dengan PDIP Jember, Akankah Sebagai Pertanda Pilkada 2015 Terulang?

Silaturahmi politik, DPD Partai NasDem dengan jajaran pengurus DPC PDIP Jember, di Kantor DPC PDIP Jember, Senin (15/04/2024), malam.

LONTARNEWS.COM. Silaturahmi politik DPD Partai NasDem dengan DPC PDIP Jember, mungkinkah sebagai pertanda terulangnya pilkada 2015?.

Sebuah pertanyaan yang butuh waktu dan kesabaran untuk mengetahui jawabannya. Karena peristiwa bertemunya jajaran pengurus DPD NasDem dengan DPC PDIP Jember, itu masih sebatas silaturahmi dan belum menghasilkan keputusan politik apapun.

Bacaan Lainnya

Pertemuan jajaran DPD NasDem dengan DPC PDIP Jember menjelang pemilihan kepala daerah, ini tak urung mengundang spekulasi banyak pihak.

Banyak orang menduga, pertemuan itu sebagai langkah awal untuk menyamakan pandangan sekaligus membuat kesepakatan dalam kaitan pemilihan kepala daerah, siapa calon yang akan diusung.

Anggapan seperti ini mungkin juga tidak terlalu berlebihan, mengingat kedua parpol pernah dalam satu gerbong koalisi mengusung cabup dr Faida MMR yang berpasangan dengan cawabup KH Muqit Arief, pada pilkada 2015 silam melawan Sugiarto-Dwi Koryanto.

Berkaitan dengan pertemuan jajaran pengurus DPD NasDem dengan DPC PDIP Jember ini, Ketua DPC PDIP Jember, Arif Wibowo, dalam sambutannya menegaskan, bahwa kegiatan itu hanya untuk meningkatkan jalinan silaturahmi dan komunikasi.

Menurutnya, silaturahmi yang telah dilakukan kedua partai politik, merupakan langkah yang sangat berarti dalam rangka mengeratkan hubungan kemanusiaan sebagai sesama anak bangsa.

“Ini sesuatu yang sangat penting, terlebih lagi bagi kita umat Islam dalam rangka menjalin silaturahmi,” ucap Ari Wibowo, Ketua DPC PDIP Jember, mengawali sambutannya dalam pertemuan dengan jajaran pengurus DPD Partai NasDem Jember, di Kantor DPC PDIP Jember, Senin (15/04/2024), malam.

Terjalinnya hubungan erat antarjajaran pengurus partai politik di tingkat daerah, lanjut Ari Wibowo, sangat perlu demi terciptanya kondusifitas dan kebaikan daerah itu sendiri.

Terlebih bagi PDIP dan NasDem, yang secara nasional, hubungan keduanya sudah terjalin cukup erat. Karena itu, dia berharap, pertemuan yang sudah berlangsung bisa berlanjut pada masa yang akan datang.

Di lain pihak, Ketua DPD Partai NasDem, Jember, H Marsuki AG SE, mengatakan, pertemuan antarkedua parpol yang berlangsung di Kantor DPC PDIP, itu sebagai kelanjutan dari terciptanya kondusifitas daerah pasca pelaksanaan pileg dan pilpres di Jember.

Kegiatan seperti ini diharapkan bisa berlanjut pada even yang lain di masa akan datang, utamanya terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah mendatang.

Karena itu, jalinan komunikasi yang sudah terajut sebelumnya, diharapkan, ke depan bisa lebih ditingkatkan demi Jember yang lebih baik.

Harapan itu disampaikan, mengingat kedua partai politik pada pilkada 2015 silam pernah bersama-sama mengusung calon kepala daerah.

“Harapan kita, adalah untuk kebaikan Jember ke depan. Karena itu kehadiran kita ke kantor PDIP dalam rangka ingin bersama-sama menata Jember lebih baik,” sahut H Marsuki, di Kantor DPC PDIP Jember.

Mengenai pemilihan kepala daerah Kabupaten Jember tahun 2024, Sekretaris DPC PDIP Jember, Widarto S.Sos, menjelaskan, ada kemungkinan PDIP akan membuka pendaftaran terlebih dahulu.

“Bukan karena disik i (mendahului, red), tapi karena mekanismenya memang seperti itu,” jelas Widarto S.Sos, Sekretaris DPC PDIP Jember, yang pada pertemuan itu bertindak sebagai pembawa acara.

David Handoko Seto, Ketua Fraksi NasDem DPRD Jember, yang juga hadir dalam pertemuan itu, berharap, dua partai yang pernah bersama-sama mengusung calon kepala daerah pada pilkada 2015 silam, bisa mengambil langkah yang sama untuk pilkada 2024 tahun ini.(*).

Pos terkait