Perjuangan Panjang Itu Membuahkan Hasil, NasDem Rebut 1 Kursi dari Dapil Jember 1

Didampingi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai NasDem, Kecamatan Sumbersari, Mursyid (membelakangi kamera), David Handoko Seto, caleg Partai NasDem, Dapil Jember 1, mengadukan dugaan pergeseran suara yang dinilai merugikan dirinya kepada anggota Komisioner Bawaslu Jember, Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi, Devi Aulia Rahim, saat di Kantor PPK Kecamatan Sumbersari, Rabu (28/02/2024).

LONTARNEWS.COM. Setelah melalui proses penghitungan akhir yang melelahkan, didapat kepastian, kursi ketujuh yang diperebutkan di dapil Jember 1 jatuh ke Partai NasDem.

Persaingan memperebutkan 1 kursi di dapil Jember 1, berakhir setelah dalam rekapitulasi didapat kepastian perolehan suara Partai NasDem mengungguli suara Partai Demokrat.

Bacaan Lainnya

Dari rekapitulasi terakhir itu, diketahui suara Partai NasDem sebesar 12.748, sedang Partai Demokrat 12.672 suara, hanya selisih 76 suara.

Sebelumnya, berdasarkan hasil Sirekap KPU, suara masuk sebesar 49,78 persen, 554 TPS dari 1113 TPS, Suara Partai NasDem sebesar 3.928 suara, sedangkan Partai Demokrat 3.104 suara.

Dari perolehan suara tersebut, maka Partai NasDem masih harus berebut dengan Partai Demokrat, pada posisi hitungan kursi terakhir.

Informasi yang terhimpun media ini, progres perolehan suara Partai Nasdem hanya pada kisaran 11 ribuan, berbeda tipis dengan Partai Demokrat yang diperkirakan juga meraih suara pada kisaran yang sama.

Keberhasilan dalam mengawal sekaligus mempertahankan perolehan suara yang diperoleh David Handoko Seto, caleg Partai NasDem dari Dapil Jember 1, ini sungguh merupakan perjuangan panjang yang tanpa mengenal lelah.

Pengawalan dan pengamanan perolehan suara itu dilakukan kader Partai NasDem, siang dan malam. Dengan militansi tinggi, para kader yang memantau penghitungan suara, melototi setiap angka yang dibacakan dan ditunjukkan petugas PPK.

“Alhamdulillah, akhirnya perjuangan yang kita lakukan membuahkan hasil. Kita yakin, apa yang memang menjadi hak kita, tetap akan kembali kepada kita,” ucap David Handoko Seto, caleg Partai NasDem yang perolehan suaranya mengungguli caleg Partai Demokrat, dalam perebutan kursi ke 7 di Dapil Jember 1.

Sementara itu, dari dapil Jember 6 yang menempatkan NasDem sebagai peraih suara terbanyak dan berada pada peringkat pertama perolehan suara, dengan 34.001 suara, ternyata tidak mampu memberangkatkan 2 calon legislatif yang diusungnya ke kursi DPRD Jember.

Perolehan suara NasDem dari dapil Jember 6 hanya cukup untuk 1 kursi yang diraih caleg dengan nomor urut 05, atas nama Khurul Fatoni.

Pada perhitungan tahap kedua suara NasDem dari dapil 6 sebesar, 11.334, tidak cukup untuk mengantarkan Retno Asih Juwitasari, caleg NasDem dengan nomor urut 01, ke kursi DPRD Jember

Suara yang dimiliki NasDem tidak cukup untuk merebut kursi ke 7 karena dikalahkan oleh PKS pada tahap pertama yang perolehan suaranya sebesar 12.624.(*).

Pos terkait