Index Ekonomi Jember Naik 0,08 Persen

  • Whatsapp

LONTARNEWS.COM. I. Jember – Dalam beberapa tahun terakhir Index Kabupaten Jember, menunjukkan kemajuan yang cukup menggembirakan. Indek ekonomi di Jember terjadi kenaikan dari 5,23% menjadi 5,31 %.

Pada angka kemiskinan terjadi penurunan dari 9.98 % menjadi 9,25 %. Angka pengangguran juga mengalami penurunan yang cukup signifikan, dari target 4,29 pencapaian 3,8 %.

“Pencapaian produksi pertanian padi dan jagung juga meningkat. Semua itu prestasi bersama bukan prestasi masing-masing OPD,” jelas Bupati Jember, dr. Faida. MMR, saat membuka acara Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah di Pendopo Wahya Wibawagraha, Kamis (12/03/2020).

Forum OPD ini menurut bupati, sesungguhnya untuk menyinkronkan program dari atas dengan keinginan dari masyarakat. Dan tujuan acara ini ialah membuat satu keseimbangan bagaimana keinginan masyarakat dalam pembangunan melalui musrenbang desa dan kecamatan dikaitkan dengan top down planning dari bupati dan wakil bupati.

“Hari  ini kita sampaikan capaian indikator makro 2019 kabupaten, maka kegagalan-kegagalan pencapaian adalah kegagalan bersama, berhasilnya pencapaian itu adalah keberhasilan bersama,” tambahnya (*).