Akun Facebook Wabup Jember Dipalsu, Minta Sumbangan untuk Kegiatan Sosial kepada Kadiskominfo

Spread the love

Jember.LONTARNEWS.COM. Percobaan penipuan dilakukan orang tak dikenal melalui akun facebook. Sasaran yang dibidik dari pelaku penipuan ini adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Jember, Gatot Triyono.

Aksi penipuan ini dilakukan dengan cara, pelaku membuat akun facebook palsu dengan mengatasnamakan Wakil Bupati Jember, Drs KH Abdul Muqit Arif. Akun palsu tersebut menggunakan foto profil Wabup Muqit Arif bersama istri (https://www.facebook.com/abdulmuqiet.arief.9).

Melalui pesan messanger yang dikirim ke akun facebook kadiskominfo, pelaku meminta sumbangan untuk kegiatan sosial. Pada pesan massanger akun facebook palsu tersebut pelaku menulis “Saya sedang adakan acara baksos penggalangan dana buat berikan bantuan santunan ke yayasan panti. Mohon partisipasinya”

Pesan ini dijawab oleh Kadiskominfo “Enggeh pak, saya masih ada tugas di Jakarta sama ibu”. Pelaku juga mengirim nomor rekening “Bank BRI 814001003213531 a/n Evi Septiana, ditunggu segera infonya”.

“Hari ini kepala diskominfo terima pesan melalui messanger facebook (inbox) dari akun palsu Wabup KH. Abdul Muqiet Arief, berpura-pura sebagai Pak Wabup, meminta sumbangan uang untuk kegiatan Sosial,” kata Rahmat Agung, Plt. Kabid Layanan Media, Diskominfo, Jember, melalui group WhatsApp Kominfo Jember, (8/7/2020).

Pernyataan Agung ini, dibenarkan Kepala Diskominfo Pemkab Jember, Gatot Triyono, bahwa dirinya mendapat chat dan dimintai sumbangan untuk kegiatan sosial oleh akun Wabup palsu tersebut. Namun karena Gatot tahu persis akun facebook Wabup Muqit Arief, permintaan sumbangan itu diabaikan.

Hanya saja, untuk menghindari adanya korban penipuan, Gatot mengingatkan semua pihak, agar berhati-hati jika menerima pertemanan baru. “Kalau ada teman menggunakan akun baru, meminta pertemanan perlu diwaspadai,” pesannya.

Untuk diketahui, akun palsu yang digunakan untuk melakukan aksi penipuan tersebut menggunakan foto profil Wakil Bupati Kiai Muqit Arif beserta istri;https://www.facebook.com/abdulmuqiet.arief.9. Saat ini akun tersebut sudah dihapus. Sedangkan akun Wakil Bupati Jember yang sebenarnya adalah https://www.facebook.com/abdulmuqiet.arief. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *