Melihat Produktifitas Semakin Baik, Bupati Jember Minta Lapas Membuat 1.000 Masker

Bupati Jember, dr. Faida. MMR, dalam acara penyerahan remisi kepada warga binaan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ke-75, di Lapas Kelas IIA Jember, Senin (17/08/2020).

[

Bupati Jember, dr. Faida. MMR, dalam acara penyerahan remisi kepada warga binaan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ke-75, di Lapas Kelas IIA Jember, Senin (17/08/2020).

Jember.LONTARNEWS.COM. Lapas Kelas IIA Jember mendapat tantangan dari Bupati Jember, dr. Faida, MMR, untuk membuat 1.000 masker. Tantangan itu diberikan, karena bupati melihat produktifitas warga binaan semakin baik.

“Kita coba memberi tantangan 1.000 masker untuk lapas jember. Kita akan membantu, supaya produktivitas di lapas ini maskernya bisa berguna untuk masyarakat,” kata Bupati Faida, dalam acara penyerahan remisi kepada warga binaan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ke-75, di Lapas Kelas IIA Jember, Senin (17/08/2020).

Produksi masker dibuat oleh perempuan warga binaan yang bisa menjahit. Karena mesin jahit yang tersedia hanya satu, bupati berjanji akan membantu.

“Kami akan coba bantu. Tadi saya lihat produksi masker dari warga binaan sangat baik,” tutur bupati.

Produktivitas warga binaan lainnya, yakni berupa pembangunan fasilitas untuk pengunjung dan narapidana. “Fasilitas di lapas ini banyak perubahan yang nyata, dan saya juga senang karena perubahannya itu bukan buat kantornya para pejabat lapas, tetapi bagi pengunjung dan narapidanya,” ucap bupati.

Disampaikan bupati, bahwa pemberian remisi seharusnya tidak hanya dimaknai dengan pemberian hak, tetapi merupakan apresiasi negara atas pencapaian yang sudah dilakukan warga binaan.

Kepala Lapas Kelas II A Jember, Yandi Suyandi, menyampaikan, warga binaan Jember masih bisa berkarya, bermotivasi, dan bisa diberikan kepercayaan. “Mereka bukan penjahat, hanya tersesat. Masih bisa bertobat dan mengabdi kepada masyarakat. Karya mereka bisa membuktikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Kalapas menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Jember, yang telah memberikan dukungan bagi asimilasi dengan memberikan fasilitas dan bantuan bagi warga binaan yang ikut asimilasi.(*).