Sampaikan Pesan Program Pembangunan, Dandim Jember Agendakan Shalat Jumat dari Masjid ke Masjid

Safari Shalat Jumat oleh Dandim 0824 Jember, Letkol Inf Radmat Cahyo Dinarso, S.Hub. Int, tidak hanya diisi dengan kegiatan penyampaian pesan program pembangunan. Sebelum pelaksanaan shalat jumat dimulai, dandim juga bertindak sebagai muadzin, mengumandangkan adzan.

Jember.LONTARNEWS.COM. Pendekatan secara langsung kepada masyarakat merupakan langkah yang paling tepat, agar upaya penyampaian pesan bisa berjalan sesuai harapan. Lain dari itu, dengan berinteraksi langsung, akan bisa didapat beragam informasi tentang banyak hal yang dihadapi masyarakat.

Hal yang demikian ini agaknya disadari betul oleh Dandim 0824/Jember, Letkol Inf Radmat Cahyo Dinarso, S.Hub. Int, bahwa pesan pembangunan akan lebih mudah sampai dan dipahami ketika penyampai pesan berinteraksi langsung dengan penerima pesan, yakni masyarakat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Bagi umat Islam, interaksi langsung itu bisa dilakukan dengan melaksanakan ibadah di tempat ibadah yang ada di lingkungan masyarakat. “Kegiatan safari sholat Jum’at ini akan kita lakukan di setiap kecamatan di Kabupaten Jember. Kegiatan ini untuk meningkatkan keakraban dan kebersamaan anggota TNI khususnya dengan para tokoh ulama serta dengan warga,” ujar Dandim 0824/Jember, Letkol Inf Radmat Cahyo Dinarso, S.Hub. Int, usai melaksanakan sholat Jumat bersama jamaah setempat di Masjid Jami’ Al Barokah Kalisat, Jum’at (10/02/2023).

Dalam kegiatan safari ini, dandim tidak hanya melaksanakan shalat jumat bersama jamaah setempat. Sebelum pelaksanaan sholat jumat dimulai, dandim bahkan juga bertindak sebagai muadzin, mengumandangkan adzan. “Safari Sholat Jumat ini selain ibadah juga melaksanakan silaturrahmi kepada masyarakat, karena kami (TNI) tidak akan bekerja dengan baik tanpa adanya kerjasama dengan rakyat.” jelasnya.

Kegiatan lain yang dilakukan Dandim dalam Safari Sholat Jumat ini, yakni menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait kondisi perekonomian yang dialami Indonesia saat ini, khususnya di Jember. Seperti diketahui, saat inu tingkat inflasi di Kabupaten Jember secara perlahan mengalami penurunan.

“Masyarakat juga harus tahu informasi-informasi terkait pemerintah terutama perekonomian. Karena kalau tidak diinformasikan, maka masyarakat tidak tahu kondisi perekonomian Kabupaten Jember,” terang dandim.

Pada kegiatan Safari Sholat Jumat ini juga disampaikan imbauan, agar masyarakat selalu menggunakan produk dalam negeri, terutama produk lokal. Karena cara seperti itu, setidaknya akan berdampak pada penurunan inflasi di Kabupaten Jember.

“Masyarakat harus menggunakan produk lokal karena dengan membeli atau menggunakan produksi lokal akan mengurangi inflasi di kabupaten.” imbau dandim.

Mengenai program yang akan dilaksanakan di Kabupaten Jember menjelang bulan Ramadhan, dikatakannya pemerintah akan menggelar operasi pasar murah di setiap pasar tradisional. Gelar pasar murah ini dimaksudkan, agar masyarakat bisa membeli harga murah.

“Tentunya juga untuk menyetabilkan harga-harga di pasaran yang sedang naik, seperti beras, bawang merah dan lainnya.” imbuhnya.(*)

Pos terkait