Pacu Sinergi, Kolaborasi dan Akselerasi Pembangunan, Jurnalis Jember Deklarasikan PWJ Asyik

  • Whatsapp
Deklarasi Perserikatan Wartawan Jember, di Yayasan Raudhatul Mutta'alimin, Patrang, Jember, Minggu (11/04/2021)

Jember.LONTARNEWS.COM.
Berangkat dari keinginan bersama untuk melihat daerahnya berkembang dan maju, sejumlah insan pers di Kabupaten Jember, mendirikan Perserikatan Wartawan Jember (PWJ). Berdirinya PWJ ini sejalan dengan harapan Bupati Jember, Hendy Siswanto, yang menginginkan terciptanya kebersamaan seluruh elemen masyarakat dan bersatunya wartawan di Jember.

Keberadaan organisasi wartawan lintas media ini juga diharapkan menjadi wadah pemersatu sekaligus rumah besar bagi para jurnalis. PWJ diharapkan juga menjadi tonggak kemajuan Kabupaten Jember.

Deklarasi berdirinya organisasi tersebut digelar di kediaman Kustiono Musri, Yayasan Raudlatul Muta’alimin (Yasrama), Patrang, Jember, Minggu (11/04/2021). Hadir pada acara ini, Plt Kadis Kominfo, Habib Salim, Ketua Komisi C DPRD Jember, David Handoko Seto, serta Ketua Komisi A DPRD Jember, Tabroni Adyuta.

Deklarator Perserikatan Wartawan Jember (PWJ), Kustiono Musri, mengatakan, pemilihan nama organisasi ini dilakukan lewat pertemuan yang digelar di kediaman Kustiono, Yayasan Raudlatul Muta’alimin (Yasrama), Patrang, Jember, Jumat, 9 April 2021. Dari pertemuan tersebut disepakati, nama organisasi wartawan, yakni Perserikatan Wartawan Jember (PWJ).

Diskusi dalam acara Deklarasi PWJ Asyik

Pada proses berikutnya, di belakang PWJ ada tambahan nama Asyik, sehingga menjadi PWJ Asyik. “Berdirinya PWJ ini dilatarbelakangi oleh keinginan dan semangat yang sama dari rekan-rekan wartawan. Ini rumah besar bagi wartawan lintas media, lintas usia, lintas organisasi dan sebagainya,” ujar Kustiono Musri, Deklarator PWJ Asyik

Plt Kadis Kominfo, Habib Salim, yang hadir dalam acara itu, menambahkan, sejalan dengan keinginan Bupati Jember, bersatunya insan pers dalam satu wadah organisasi, diharapkan semakin memperkuat upaya publikasi beragam potensi Kabupaten Jember lewat karya jurnalistik para wartawan.

Sebagaimana disampaikan Bupati Hendy Siswanto, untuk mencapai kemajuan Jember, harus ada upaya dan langkah sinergitas, kolaborasi dan akselerasi. “Berita baik soal Jember yang bisa berdampak positif bagi upaya pembangunan daerah sangat diharapkan untuk menarik investasi,” jelas Habib.

Diakui, Jember perlu bersatunya wartawan, dalam rangka terciptanya kondusifitas daerah. Karena dengan begitu, gairah investasi di Kabupaten Jember akan semakin baik.

Kondusifitas daerah ini, juga dapat memengaruhi tingkat kunjungan wisatawan. “Semuanya diajak membranding Jember, demi kemajuan. Tidak hanya komunitas tertentu, tapi seluruh elemen, baik media mainstream maupun online,” tandasnya. (*).

Pembacaan Visi Missi PWJ Asyik oleh Aryudi Rozaq, wartawan mediajatim.com

Visi Missi Perserikatan Wartawan Jember (PWJ) Asyik

– PWJ didirikan sebagai rumah besar bagi wartawan Jember, baik yang berafiliasi kepada organisasi profesi maupun yang tidak berafiliasi kepada organisasi profesi yang ada.

– Sebagai rumah besar wartawan, PWJ mengakomodasi dan terbuka bagi seluruh wartawan untuk bergabung guna membangun kebersamaan.

– PWJ bertekad untuk berpartisipasi membangun Jember yang lebih baik melalui liputan dan tulisan-tulisan yang kritis dan konstruktif.