Ramadhan Tahun Ini, Kegiatan Peribadatan di Masjid Besar Tanggul Dilaksanakan Seperti Sebelum Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
H Ahmad Fauzi. S.Sos, M.Si, Ketua Takmir Masjid Besar Darul Muttaqien, Tanggul.

Jember.LONTARNEWS.COM. Berbeda dengan tahun 2020 lalu yang dibatasi banyak aturan sebagai dampak dari mewabahnya Covid-19, Ramadhan kali ini, 1442 hijriah, Masjid Besar Darul Muttaqien, Tanggul, akan melaksanakan kegiatan ibadah sebagaimana biasanya. Kabar gembira bagi umat Islam, ini terjadi karena kondisi penyebaran Covid-19, khususnya di Tanggul dan Jember pada umumnya menunjukkan kecenderungan terus menurun.

“Kami takmir Masjid Besar Darul Muttaqien Tanggul, menyambut dengan gembira, penuh suka cita, karena ramadhan tahun ini, kondisinya tidak sama dengan tahun lalu. Ramadhan tahun ini, wabah Covid-19 sudah sangat menurun drastis,” H Ahmad Fauzi. S.Sos, M.Si, Ketua Takmir Masjid Besar Darul Muttaqien, Tanggul, di hadapan jamaah sholat Jumat (09/04/2021).

Bacaan Lainnya

Terjadinya penurunan tingkat penyebaran dan penularan Covid-19 ini, menurut Fauzi sebagai indikasi, bahwa Allah menurunkan rahmatnya kepada umatnya, khususnya masyarakat Jember. “Alhamdulillah, sekarang kondisinya mulai menurun. Ini indikasi, bahwa rahmat Allah Subhanallah Taala kepada kita inshaa Allah bertambah, karena kita sudah melewati masa-masa ujian yang berat ini dengan sabar, penuh keikhlasan, atas apa yang diujikan oleh Allah kepada kita semua,” ucap Fauzi.

Atas terjadinya perubahan kondisi yang sangat menggembirakan ini, ditambah Surat Edaran (SE) Kemenag, nomor 03 tanggal 5 April 2021, tentang panduan ibadah ramadhan dan idul fitri 1442 H/2021 M, maka Masjid Besar Darul Muttaqien, Tanggul akan melaksanakan kegiatan peribadatan di bulan suci Ramadhan dengan sempurna. “Artinya kegiatan peribadatan di bulan Ramadhan tahun ini akan digelar seperti sebelum munculnya wabah Covid-19,” tandasnya.

Beberapa kegiatan ibadah yang akan kembali digelar di Masjid Darul Muttaqien, Tanggul, seperti sebelum terjadinya wabah Covid-19, seperti, pengajian menyambut Ramadhan, yang akan dilaksanakan pada hari Senin malam (12/04/2021). Kegiatan pengajian ini juga akan dilaksanakan satu bulan penuh setiap menjelang buka puasa.

Kegiatan lainnya, yakni menyediakan takzil untuk buka puasa bagi shoimin shoimat (yang menjalankan ibadah puasa), utamanya para musafir, kaum fakir miskin dan dhuafa serta warga di seputar masjid. Takzil yang akan disiapkan, setiap hari rata-rata tidak kurang dari 300 paket.

“Kita laksanakan shalat tarawih ba’da isya’ yang dilanjutkan tadarus sampai pukul 23.00. Pada pukul 01.00 selama bulan Ramadhan, pintu masjid Darul Muttaqien akan dibuka untuk masyarakat yang akan menjalankan iktiqaf,” terangnya.

Di sini juga ada menu kegiatan shalat tahajjud, shalat tasbih, shalat hajat serta dzikir bersama dalam rangka bermunajat kepada Allah.
Sebelum sholat subuh, digelar kegiatan pengajian kuliah subuh, selama sekitar 10 – 15 menit, setiap hari.

“Itu yang rutin kita laksanakan setiap hari. Kegiatan yang lain, tanggal 17 Ramadhan, kita laksanakan pengajian Nuzulul Quran. Tanggal 10 Ramadhan pemberian santunan kepada fakir miskin dan dhuafa, sebanyak 200 paket sembako.

Tanggal 25 Ramadhan, pemberian santunan kepada yatim piatu lebih kurang 100 anak. Akhir bulan Ramadhan 1442 H, pengumpulan dan pembagian zakat fitrah dan mal, yang akan ditutup dengan mengumandangkan takbir di masjid, yang diteruskan dengan shalat idul fitri bersama pada pagi harinya.

Senua kegiatan ini tetap mengacu pada SE Kemenag 03 tahun 2021, yakni memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, pakai masker, cuci tangan pakai sabun. Fauzi menyebut istilah protokol kesehatan merupakan usaha lahir atau usaha bumi, sedangkan bermunajad kepada Allah memohon agar dibebaskan dari wabah Covid-19, sebagaj usaha langit.

“Mudah-mudahan wabah ini bisa segera ditarik oleh Allah dan Ramadhan tahun ini benar-benar mubarok penuh dengan berkah dari Allah. Mudah-mudahan ikhtiar kita akan dikabulkan oleh Allah Taala,” harapnya. (*).

Pos terkait