Sukses Pasarkan Kopi ke Luar Negeri, Dorong Yeti Gamiarsih untuk Tingkatkan Pemberdayaan Petani

Setelah sukses pasarkan kopi ke Luar Negeri, Yeti Gamiarsih lebih bersemangat untuk memberdayakan petani

LONTARNEWS.COM. Sukses meyakinkan pembeli dari luar negeri untuk membeli kopi dari Jember, Indonesia, akan terus diupayakan agar komoditi pertanian lainnya juga bisa merambah pasar internasional.

Tekad ini tertanam pada diri seorang petani sekaligus pengusaha di Jember, Yeti Gamiarsih, untuk melangkah lebih jauh.

Bacaan Lainnya

Setelah berhasil menjadi yang terbaik ketiga dalam pameran Jakarta Kreatifitas Festival (JaKreatifes) 2023, di Jakarta, Yeti Gamiarsih, akan meneruskannya dengan pemberdayaan petani.

Yeti mengaku, peringkat terbaik ketiga yang berhasil diraihnya pada pameran tersebut, setidak menjadi bukti, bahwa komoditi produk pertanian lokal bisa bersaing dengan produk pertanian dari negara lain.

Kepercayaan pembeli luar negeri terhadap kualitas komoditi lokal, ini diharapkan tidak hanya dialami kopi saja, tapi komoditi lainnya juga harus bisa mengikuti.

Nah, untuk tercapainya harapan itu, Yeti mengangendakan suatu upaya lewat pemberdayaan petani, agar kualitas produk pertanian yang dihasilkan petani bisa lebih baik.

Pemberdayaan petani dinilainya sebagai sebuah keharusan, karena dengan cara ini, sektor pertanian akan lebih bisa diharapkan mampu menghasilkan produk berkualitas yang diminati pasar luar negeri.

“Yang saya pamerkan kopi. Kopi saya dinilai baik, karena masuk kriteria baik dan diterima pasar ekspor. Saya perwakilan Jawa Timur. Alhamdulillah saya mendapat penghargaan dari BI,” ungkap Yeti, pengusaha dan petani, sekaligus Sekretaris Perempuan Tani, Jember.

Dia senang sekaligus juga bangga, karena dipercaya Bank Indonesia untuk mewakili Jawa Timur mengikuti pameran Jakarta Kreatif Festival (JakKreatifest 2023) yang berlangsung di Mall Taman Anggrek Jakarta Barat itu.

Pos terkait