Sosialisasi Raperda, Dewan Diminta Kawal Persoalan yang Dihadapi Petani

David Handoko Seto, anggota DPRD Jember, dalam acara Sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani yang digelar di Dusun Gambiran Desa Mumbulsari, Kecamatan Mumbulsari, Senin (20/08/2023).

“Ini semua kita harapkan menjadi masukan teman-teman anggota dewan. Ini harus dikawal,” imbuh Marsuki, tokoh petani Jember yang sudah pernah mengunjungi, Jepang, Thailand, Malaysia, India, dan Australia, dalam rangka study banding sektor pertanian.

David Handoko Seto, anggota DPRD Jember, yang menjadi penyelenggar dari Sosper tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, menanggapi dengan seksama pesan dari H Marsuki.

Bacaan Lainnya

David mengaku akan mempelajari lebih detail terkait kesulitan yang dihadapi petani, utamanya tentang distribusi pupuk yang banyak dikeluhkan petani.

Legislator Partai NasDem itu mengakui, bahwa persoalan pupuk yang menjadi kendala bagi petani dalam menjalani aktifitas cocok tanamnya, sebenarnya sudah cukup lama terjadi.

Namun sampai saat ini belum ada formula yang tepat untuk menyudahi persoalan yang membuat sulit kalangan petani itu.

“Inilah pentingnya sosialisasi rancangan perda, sehingga kita tahu apa dan bagaimana sebenarnya yang terjadi di lapangan. Ini masukan yang sangat bagus sebelum raperda itu ditetapkan,” ujar David Handoko Seto, Ketua Fraksi NasDem DPRD Jember. (*).

Pos terkait