Satu Keluarga Satu Kolam, Upaya Pemkab Jember Atasi PKT dan Kembangkan Ekonomi Rakyat

Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU. ASEAN. Eng, dalam acara memperingati Hari Bakti PU ke-78 yang diisi dengan kegiatan Jember Build Tech dan Property Expo, di Alun-alun Jember, Jumat (01/12/2023).

LONTARNEWS.COM. Jember – Pemerintah Kabupaten Jember mencanangkan satu gerakan bertajuk Gemarikan yaitu Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan.

Program yang diinisiasi Dinas Perikanan Jember dan disosialisasikan pada peringatan Hari Bhakti PU ke 78, ini diharapkan menjadi pemantik masyarakat yang memiliki lahan cukup untuk budidaya ikan air tawar.

Bacaan Lainnya

Melalui program budidaya ikan ini, diharapkan pemenuhan kebutuhan protein hewani di kalangan masyarakat bisa terpenuhi.

Adapun bantuan yang akan diturunkan adalah berupa kolam untuk ikan lele. “Pemkab Jember memberikan bantuan satu keluarga satu kolam untuk ikan lele yang diberikan kepada 185 keluarga,” ujar Bupati Jember, Hendy Siswanto, dalam acara Build Tech dan Property Expo serta Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), sekaligus Pencanangan 1 Desember sebagai Hari Gemarikan, di alun-alun Jember, Jumat (01/12/2023).

Program yang dicanangkan ini merupakan bagian dari pilot project Pemkab Jember dalam upaya mengatasi Problem Tumbuh Kembang (PTK) serta untuk membantu perekonomian keluarga.

Kegiatan ini merupakan usaha dalam meningkatkan gizi dan protein masyarakat Jember terutama untuk ibu hamil dan anak usia di Bawah Lima Tahun (balita).

Mengenai bantuan kolam ikan lele, akan diberikan kepada 185 keluarga, diharapkan bisa membantu pemenuhan kebutuhan protein hewani, sehingga ibu hamil menjadi sehat dan balita bisa tumbuh dengan baik.(*).

Pos terkait